Film

Film Bertema Mental Illness Yang Tak Kalah Keren Dari Joker

film bertema mental illness Film Joker 2019 Joaquin Phoenix - besthqwallpapers
Gambar: besthqwallpapers

Film Bertema Mental Illness yang Tak Kalah Keren dari Joker – Film Joker yang dibintangi Joaquin Phoenix, trending dan banyak diperbincangkan orang-orang terutama di dunia maya.

Film ini jauh berbeda dengan film-film Joker sebelumnya yang penuh dengan aksi laga. Film yang masuk box office dengan pendapatan 600 juta US Dollar ini, justru menceritakan kepribadian Arthur Fleck, si Joker.

Arthur yang berprofesi sebagai badut dan stand up comedian yang mengidap sejumlah penyakit mental dan menjadi korban bully, berubah menjadi seorang kriminal.

Hal inilah yang menjadikan orang-orang menyukai film ini. Bahkan mereka beranggapan apa yang dialami Arthur, mewakili kehidupan mereka.

Pesan yang disampaikan sang produser tentang mental illness, rupanya melenceng. Orang-orang kebanyakan justru menilai mental illness adalah sesuatu yang keren.

Baca Juga: Kisah Chop Suey, Perjuangan Imigran Cina Lewat Kuliner

Terlepas dari pro dan kontra yang terjadi, sebelum film Joker hadir, ada sejumlah film lain yang bertemakan penyakit mental.

Tentu pesan utama yang ingin disampaikan adalah agar kita mengerti dan peduli apa itu mental illness. Berikut daftarnya.


6 Film Bertema Mental Illness yang Tak Kalah Keren dari Joker

1. Silver Linings Playbook

film bertema mental illness Poster Film Silver Linings Playbook - hardrockfm

Gambar: hardrockfm

Film yang dibintangi oleh Bradley Cooper, Jennifer Lawrence dan Robert de Niro ini menceritakan tentang sosok Patrizio.

Baca Juga: Operasi Babylift: Misi Evakuasi Massal Anak-Anak Yatim Perang Vietnam

Pat, panggilan Patrizio mengidap penyakit mental karena gangguan bipolar (Bipolar Disorder). Pat terlibat perseteruan dengan istrinya karena sang istri ketahuan berselingkuh dengan pria lain. Pat memukuli selingkuhan istrinya itu hingga sekarat.

Pat kemudian harus menjalani rehabilitasi intensif selama delapan bulan. Cerita utama film ini berkisar tentang perjuangan Pat dalam mendapatkan kembali cinta istrinya, di tengah gangguan mental yang dia alami.

Film yang dirilis pada 8 September 2012 ini mendapatkan kritikan bagus dari para kritikus film dan meraup pendapatan 200 juta US Dollar.


2. A Beautiful Mind

film bertema mental illness Film Beautiful Mind Russell Crowe - tribunstyle

Gambar: tribunstyle

Diangkat berdasarkan kisah nyata John Nash, peraih nobel di bidang ekonomi karena sejumlah teori yang dia temukan.

Baca Juga: 8 Film Detektif yang Pastinya Akan Membuatmu Lebih Pintar

Di balik kejeniusannya dalam bidang matematika, John Nash ternyata mengidap penyakit mental skizofrenia.

Gangguan mental itu membuat dia berhalusinasi menciptakan beberapa tokoh, yang kemudian menghantui sepanjang hidupnya.

Diperankan oleh Russell Crowe, film ini dirilis pada akhir 2001 dan pendapatan sekitar 300 juta US Dollar.

Bagi sejumlah kritikus, film ini merupakan karya terbaik film drama dengan sejumlah konflik dan plot twist yang disuguhkan.


3. Shutter Island

Poster Film Shutter Island Leonardo DiCaprio - cultfix

Gambar: cultfix

Dalam film ini, aktor kawakan Leonardo diCaprio memerankan tokoh Teddy Daniels, seorang mantan militer dan detektif yang mengalami penyakit delusi berat.

Dia berada di rumah sakit jiwa yang berada di sebuah pulau terpencil. Terjadi konflik luar biasa di dalam rumah sakit yang malah mirip penjara itu.

Baca Juga: 10 Film Romantis Terbaik yang Wajib Kamu Tonton Sekarang Juga

Dia ditugaskan untuk mengungkap sebuah misteri hilangnya seorang pasien. Namun plot twist yang terjadi dia ternyata dimasukkan ke rumah sakit jiwa karena penyakit mental yang dialami.

Film ini memiliki konsep yang sangat dalam, dan butuh kemampuan untuk mencerna cerita dengan baik.

Sebab, para penonton dibuat penasaran dan bertanya-tanya bagaimana berbagai konflik itu muncul meski pada akhirnya tetap meninggalkan sejumlah pertanyaan.


4. Forrest Gump

Poster Film Forrest Gump Tom Hanks - justwatch

Gambar: justwatch

Forrest Gump adalah seorang pemuda yang mengalami penyakit mental idiot dengan IQ hanya 75. Diperankan oleh Tom Hanks, film ini mengisahkan perjalanan hidup Forrest Gump.

Baca Juga: 10 Tempat Populer di Dunia Ini Kenyataannya Tidak Seperti yang Dibayangkan

Dengan keterbatasannya itu dia bisa bertemu dengan berbagai tokoh terkenal, mempengaruhi budaya dan terlibat dalam berbagai peristiwa penting dunia, tanpa dia sadari.

Film ini diadaptasi dari novel karya Winston Groom yang dibuat tahun 1986. Meski demikian, alur cerita banyak yang berbeda dari versi novelnya. Film ini mampu meraih 6 penghargaan di ajang Academy Awards, dari 13 nominasi yang berhasil dimasuki.


5. Me Myself and Irene

Poster Film Me Myself & Irene Jim Carrrey - dmi

Gambar: DMI

Film ini sebenarnya mengangkat cerita seorang pria yang memiliki kelainan kepribadian ganda, namun dikemas dalam film komedi.

Baca Juga: 10 Foto Lucu Bayi Gajah yang Pastinya Bikin Kamu Tersenyum

Film bertema mental illness ini diperankan oleh aktor lawak Jim Carrey, Charlie Baileygates adalah seorang opsir polisi yang ditinggalkan istrinya karena selingkuh dengan sopir pribadinya, yang berkulit hitam.

Peristiwa tersebut diduga menjadi penyebab Charlie mengalami gangguan Dissociative Identity Disorder (DID). Hal ini membuat dia memiliki dua karakter berbeda dalam tubuhnya.

Yakni Charlie yang memiliki sifat sabar dan ramah dan Hank Evans yang memiliki sifat agresif dan temperamen. Sosok Hank akan mengambil alih tubuh Charlie, jika dia sedang dalam kondisi marah.

Konflik terjadi ketika dia ditugaskan mengawal tahanan cantik bernama Irene. Dalam perjalanan, sosok Charlie jatuh cinta dengan Irene, namun di sisi lain Hank rupanya juga jatuh cinta. Kedua sosok dalam 1 tubuh itu kemudian bersaing memperebutkan cinta Irene.


6. Memento

Film Memento Christoner Nolan - minutemedia

Gambar: minutemedia

Berdasarkan cerita pendek karya Jonathan Nolan, Christopher Nolan mengangkatnya dalam sebuah film layar lebar bertema thriller misteri.

Baca Juga: 11 Tempat Paling Unik Dan Romantis

Film Memento mengisahkan seorang pria, Leonard Shelby, yang ingin membalaskan dendam karena sang istri dibunuh.

Masalah yang terjadi adalah, Leonard mengidap penyakit short term memory. Penyakit ini merupakan penyakit di mana seseorang tidak bisa mengingat untuk jangka waktu yang panjang.

Bermodalkan foto-foto dan catatan yang dia kumpulkan karena penyakitnya itu, Leonard mencari pelaku pembunuhan istrinya tersebut.

Penonton akan mendapatkan sensasi mind-blowing dan plot twist yang cukup rumit dengan sejumlah teka-teki yang disajikan.

Operasi Babylift: Misi Evakuasi Massal Anak-Anak Yatim Perang Vietnam

Previous article

Sejarah Halloween: Budaya Bangsa Pagan Hingga Peristiwa Pemberontakan

Next article

Comments

Comments are closed.