Stadion Sepak Bola Unik Dunia 1 F6cb5
Unik

Bisa Terapung! 5 Stadion Sepak Bola Paling Unik di Seluruh Dunia

Setiap gelaran Piala Dunia, salah satu yang menjadi pusat perhatian adalah stadion-stadion yang dipakai dalam melakukan pertandingan. Bukan soal seberapa mewah dan canggihnya, melainkan juga sisi unik yang terdapat di dalamnya.

Nah nyatanya di dunia terdapat beberapa stadion yang memiliki bentuk maupun lokasi cukup unik loh. Penasaran dari mana saja stadion-stadion ini berasal?

BACA JUGA

  • Evolusi Teknologi Sepatu Sepak Bola dari Awal Hingga Abad 21
  • 7 Jersey Timnas Sepak Bola dengan Desain Paling Aneh
  • 5 Anime Sepak Bola yang Wajib Ditonton Saat Piala Dunia

Inilah 5 Stadion Sepak Bola Paling Unik di Dunia

Kamu pasti kenal dengan stadion megah seperti Santiago Bernabeu kandang Real Madrid atau Old Trafford yang menjadi kandang Manchester United.

Stadion sepak bola juga menjadi sebuah kebanggaan bagi klub maupun tim nasional yang menghuninya. Apalagi di tengah atmosfir para pendukung yang panas-panasnya.

1. Muncipal de Braga

Kandang dari klub sepak bola Portugal, SC Braga ini sempat dinobatkan menjadi salah satu stadion yang paling indah seantero Eropa. Muncipal de Braga memang terletak di lokasi yang cukup unik, yakni di atas tambang emas, Monte Casto.

Stadion Sepak Bola Unik Dunia 1 F6cb5

Sumber foto: visitportugal.com

Pemandangan di sekitarnya pun sangat indah, apalagi di salah satu sisi gawang menghadap ke arah tebing yang tinggi menjulang. Unik kan?

2. Sapporo Dome

Tahu banget kalau Jepang memiliki inovasi teknologi yang maju di kawasan Asia? Nggak hanya soal elektronik saja, Sapporo Dome yang berkapasitas 40 ribu penonton ini menjadi salah satu stadion yang memiliki teknologi paling canggih di seluruh dunia.

Stadion Sepak Bola Unik Dunia 2 Bad1d

Sumber foto: rugbyworldcup.com

Pasalnya stadion yang berfungsi ganda sebagai arena pertandingan sepak bola dan baseball ini menggunakan teknologi sliding floor untuk mengubah bentuk lapangan loh.

3. Timsah Arena

Nah stadion yang satu ini memiliki bentuk yang unik loh! Timsah Arena menjadi stadion sepak bola yang memiliki bentuk menyerupai buaya guys. Stadion ini sendiri menjadi kandang klub Turki, Bursaspor setelah menjuarai liga domestik pada 2010 lalu.

Stadion Sepak Bola Unik Dunia 3 19854

Sumber foto: skyscrapercity.com

Jika dilihat dari atas, Timsah Arena akan tampak layaknya seekor buaya yang sedang melingkar. Stadion ini sendiri dapat menampung hingga 43 ribu penonton.

4. Marina Bay Stadium

Keterbatasan lahan membuat perancangnya menemukan gagasan unik untuk membangun stadion sepak bola terapung. Marina Bay Stadium yang terletak di Singapura ini pun diklaim menjadi stadion terapung paling besar di seluruh dunia.

Stadion Sepak Bola Unik Dunia 4 81bfe

Sumber foto: footballtripper.com

Stadion ini terletak pada Waduk Marina di sekitar Teluk Marina, Singapura. Bukan hanya untuk pertandingan sepak bola saja, stadion ini biasa digunakan untuk konser dan lain sebagainya.

5. Ekaterinburg Arena

Terakhir ada baiknya melongok ke venue Piala Dunia 2018 Rusia. Ekaterinburg Arena yang merupakan markas Ural FC menjadi salah satu stadion paling unik karena memiliki tribun penonton yang bahkan mencuat keluar area stadion loh. Kenapa?

Stadion Sepak Bola Unik Dunia 5 7aa7a

Sumber foto: soka25east.com

Hal ini dilakukan untuk memenuhi standar FIFA mengenai jumlah penonton guys. Awalnya Ekaterinburg Arena hanya berkapasitas 27 ribu penonton, kini menjadi 35-45 ribu penonton akibat renovasi ini.

Akhir Kata

Nah itulah 5 stadion sepak bola paling unik dari seluruh dunia. Kalau menurut kamu, adakah stadion sepak bola di Indonesia yang bisa masuk ke daftar di atas? Jika iya, jangan lupa buat share jawaban kamu pada kolom komentar di bawah.

Baca juga artikel seputar Sepak Bola atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

10 Logo Klub Sepak Bola Paling Aneh dan Terburuk dari Seluruh Dunia

Previous article

5 Tragedi Paling Mengerikan di Pertandingan Sepakbola

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.