Internasional

7 Jembatan Dengan View Paling Spektakuler Di Dunia

Jembatan Gantung Charles Kuonen di Swiss.mozak
Gambar: Reddit

7 Jembatan Dengan View Paling Spektakuler di Dunia – Jembatan di seluruh dunia pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai penghubung dua wilayah yang biasanya terpisah oleh sungai ataupun jurang.

Namun ada juga, sejumlah jembatan yang menawarkan lebih dari sekedar fungsinya. Jembatan-jembatan ini memiliki desain bentuk dan juga bahan bangunan yang tidak jamak ditemukan di tempat lain.

Berikut beberapa jembatan dengan desain spektakuler dan bahan yang tidak lazim. Mungkin juga jembatan-jembatan ini bisa anda jadikan bucket list saat liburan anda nantinya.


7 Jembatan Dengan View Paling Spektakuler di Dunia

1. Jembatan Rakotzbrucke

Jembatan Iblis Rakotzbrucke Jerman.mozak

Gambar: Stern

Jembatan ini dibangun atas perintah Friedrich Hermann Rötschke, seorang ksatria bangsawan di tahun 1806. Jembatan Rakotzbrucke memiliki bentuk yang unik, yakni membentuk setengah lingkaran.

Baca Juga: Misteri Unidentified Submerged Object (USO), Seperti Apa?

Jembatan ini dibuat dari bebatuan yang ditumpuk-tumpuk, termasuk bagian yang bergeriginya. Letak Rakotzbrücke berada di Rhododendron Park Kromlau, dekat Dresden, Jerman.

Sungai dengan air yang jernih mengalir di bawahnya, memantulkan bayangan jembatan layaknya cermin. Sehingga jembatan itu nampak berbentuk bulat sempurna. Rakotzbrucke berada di dalam hutan dan jauh dari pemukiman warga.

Ada mitos yang membuat Rakotzbrucke mendapat julukan “Jembatan Iblis”. Dari cerita warga setempat, sang pembuat jembatan membuat perjanjian dengan imbalan nyawa agar pembangunannya berhasil.

Namun saat jembatan selesai dibangun, sang pembuat justru menumbalkan nyawa hewan, bukannya nyawa manusia. Tak lama setelah jembatan itu berdiri, si pembuat jembatan meninggal dengan tidak wajar.


2. Rolling Bridge London

Jembatan Gulung Heatherwick London

Gambar: Youtube

Merupakan jenis jembatan dengan view paling spektakuler bergerak yang selesai dibangun pada tahun 2004. Jembatan ini menghubungkan areal perkantoran di Grand Union Canal, Paddington Basin, London.

Baca Juga: Benarkah Area 51 Tempat Riset Para Alien? Yuk, Kita Cari Tahu!

Rolling Bridge didesain oleh Thomas Heatherwick, seorang arsitek dan desainer kenamaan Inggris.

Rolling Bridge terdiri dari 8 bagian berbentuk segitiga yang menggulung dan bisa memanjang sepanjang 12 meter dengan sistem hidrolisnya.

Heatherwick mendapatkan ide konsep pembangunan jembatan ini dari seekor ulat bulu. Selain desainnya yang unik, jembatan ini hanya dioperasionalkan seminggu sekali, sehingga orang-orang menjadi penasaran.


3. Jembatan Tali Suku Inca

Jembatan Tali Suku Inca

Gambar: Dissolve

Jembatan Inca menjadi sarana transportasi penting bagi suku Inca. Jembatan dengan view paling spektakuler ini menjadi sebuah pintu masuk ke situs Machu Picchu bagi tentara Inca di masa lampau.

Baca Juga: Kisah Margot Wolk, Pencicip Makanan Hitler yang Jarang Diketahui

Jembatan yang dibangun oleh kerajaan Inca sangat efisien dan berguna bagi suku Inca, karena mereka tidak menggunakan alat transportasi beroda.

Jembatan Inca dibangun menggunakan rumput Ichu yang dianyam menjadi 2 bundle besar yang sangat kuat.

Agar tidak mengalami kerusakan, hingga saat ini warga setempat terus melakukan perbaikan dan penggantian tali yang sudah mulai rapuh.

Proses maintenance pun sangat berbahaya, karena berada di pinggir jurang yang sangat curam.


4. Jembatan Gantung Charles Kuonen

Jembatan Gantung Charles Kuonen.mozak

Gambar: Pinmg

Jembatan Charles Kuonen menjadi jembatan gantung terpanjang dan tertinggi untuk pejalan kaki. Lokasinya berada di daerah Randa, Swiss, tepatnya di kawasan pendakian Europaweg.

Baca Juga: 77 Kata-Kata Bijak dan Kata-Kata Motivasi Terbaik

Awalnya jembatan ini bernama Europabrücke, namun kemudian jembatan itu hancur karena batu yang longsor.

Jembatan ini memiliki panjang sekitar 494 meter dan mulai dibuka untuk umum pada bulan Juli, 2017 lalu.

Tingginya sekitar 89 meter dari tanah di bawahnya, dan memiliki sistem konstruksi yang canggih untuk mengurangi gaya ayun yang dihasilkan.

Sayangnya jembatan ini hanya memiliki lebar sekitar 65 centimeter, dan membuat susah jika berpapasan dengan orang dari arah berlawanan.


5. Jembatan Ombak Henderson

Jembatan Omak Henderson Singapura - view paling spektakuler

Gambar: Around the Globe

Jembatan dengan view paling spektakuler ini terdapat di negara tetangga, Singapura. Jembatan ini terbuat dari besi baja dan kayu lokal bernama Balau yang digabung dan dilengkungkan, sehingga membentuk kesan seperti ombak.

Baca Juga: Kumpulan Foto Soekarno dan Tokoh Dunia

Jembatan Ombak Henderson menghubungkan taman Blangah Hill dan Taman Mount Faber dan menjadi bagian dari trotoar Southern Ridges.

Jembatan ini menjadi salah satu spot utama para wisatawan yang datang ke Singapura. Untuk menghindari keramaian dan berdesak-desakan dengan pengunjung lain, datanglah saat pagi hari. Selain tempat masih sepi, udara segar anda juga bisa menyaksikan sunrise.


6. Jembatan Batu Loncat Fenghuang

Jembatan Batu Loncat Fenghuang - view paling spektakuler

Gambar: Pinterest

Jembatan ini tergolong unik, karena merupakan susunan batu yang panjang dan memiliki jarak di antara batunya. Jadi, orang yang melewati jembatan ini, harus dengan sedikit melompat.

Baca Juga: 9 Pelajaran Penting Kehidupan yang Perlu Kamu Ketahui

Di sana, jembatan dengan view paling spektakuler seperti ini lebih dikenal dengan jembatan tradisional Dingbu. Jembatan ini terbuat dari batu yang dipotong-potong seperti balok, dan ditancapkan di dasar sungai.

Jembatan ini membentang melintasi sungai Tuojiang, di daerah kota kuno Phoenix, Cina.

Karena bentuknya yang merupakan batu yang disusun seperti balok terpisah, jembatan ini hanya bisa dilewati dari 1 arah saja.

Selain itu perlu ekstra hati-hati karena jika suasana sedang hujan, jembatan ini akan lebih licin.


7. Jembatan Pond Du Gard

Jembatan Pond Du Gard Prancis

Gambar: Gib Spain

Inilah salah satu jempatan dengan view paling spektakuler yang cukup populer. Membentang diatas sungai Gardon dan menghubungkan daerah Nimes dan Uzes di Prancis, berdirilah sebuah bangunan besar Pond Du Gard.

Baca Juga: 10 Kutipan Tentang Rumus Kesuksesan Dari Beberapa Orang Sukses

Dulu jembatan ini merupakan saluran air yang dibuat oleh kekaisaran Romawi sekitar 2000 tahun yang lalu. Karena sejarahnya yang kental, UNESCO memasukkan Pond Du Gard sebagai warisan budaya dunia pada 1985.

Jembatan ini memiliki tiga tingkat bangunan melengkung dengan ketinggian mencapai 48.8 meter. Berhenti berfungsi sebagai saluran air dikarenakan kurangnya perawatan, sehingga salurannya buntu oleh endapan material.

Ketika kekaisaran Romawi jatuh, Pond Du Gard berubah fungsi menjadi sarana transportasi, karena menghubungkan wilayah penting hingga saat ini.

Nah, itulah 7 jembatan dengan view paling spektakuler di dunia. Jembatan mana yang menurutmu paling spektakuler view-nya?


Baca Juga:

4 Tips Agar Mimpi Indah Saat Tidur Malam

Previous article

11 Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat Dalam Sejarah

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.