Tragedi Mengerikan Sepakbola 1 3b506
Unik

5 Tragedi Paling Mengerikan di Pertandingan Sepakbola

Tim sepakbola dengan fans yang fanatik memang luar biasa. Tapi siapa sangka hal ini juga bisa berubah jadi petaka guys. Kejadian mengerikan pernah terjadi di banyak pertandingan sepakbola dunia.

Kejadian-kejadian tragis ini membunuh banyak fans atau supporter. Berikut telah Dunia Unik kumpulkan 5 tragedi paling mengerikan di pertandingan sepakbola.

BACA JUGA

  • Google Street View Rilis Gambar Kota Fukushima setelah Tragedi Nuklir
  • 10 Situs Paling Mengerikan yang Sebaiknya Jangan Dikunjungi
  • 10+ Manipulasi Foto Mengerikan Kondisi Dunia Saat Kiamat

Inilah 5 Tragedi Mengerikan yang Pernah Terjadi di Pertandingan Sepakbola

5. Guatemala 1996

Pada 16 Oktober 1996 tepatnya di stadion Mateo Flores National Stadium, Guatemala City akan berlangsung pertandingan timnas Guatemala melawan timnas Costa Rica. Disana terjadi penumpukan suporter yang mencoba masuk ke dalam stadion.

Mereka diduga membeli tiket palsu dari calo yang berakibat pada membludaknya penonton melebihi kapasitas stadion. Dari kejadian itu total lebih dari 80 orang meninggal dan 180 orang lainnya luka-luka.

4. Katmandu 1988

Kejadian ini terjadi di National Stadium, Katmandu, Nepal pada 12 Maret 1988. Saat itu tengah berlangsung pertandingan antara timnas Nepal melawan timnas Banglades. Di tengah pertandingan tiba-tiba terjadi badai salju besar.

Tragedi Mengerikan Sepakbola 1 3b506

Penonton mencoba berhamburan keluar stadion untuk menghindari butiran es yang jatuh. Sayangnya, ternyata dari 8 pintu keluar hanya 1 yang bisa terbuka. Alhasil 93 orang meninggal karena terjebak saat berebut keluar stadion.

3. Hillsborough 1989

Tragedi ini membunuh total 96 fans Liverpool dan melukai 766 orang suporter lainnya. kejadian ini terjadi pada 15 April 1989 tepat sebelum pertandingan final piala FA antara Liverpool melawan Sheffield.

Hillsborough Stadium tidak mampu menampung banyaknya fans yang hadir memenuhi pertandingan hari itu. Puluhan ribu orang berdesakan berebut untuk masuk ke dalam stadion. Desak-desakan mematikan pun tidak bisa dihindari.

2. Ghana 2001

Kejadian ini terjadi pada 9 Mei 2001 di stadion Accra Sports, Accra, Ghana. Kala itu tengah berlangsung pertandingan antara tim Oak melawan tim Asante. Lima menit sebelum waktu habis Oak memimpin dengan skor 2-1. Pada saat itulah fans mulai melempari botol dan kursi ke dalam lapangan.

Polisi merespon dengan melempar gas air mata. Hal itu memunculkan kepanikan pada penonton lain dan membuat mereka berlarian untuk keluar stadion. Desak-desakan para penonton ini berujung pada meninggalnya 126 orang dan melukai 70 ribu orang.

1. Peru 1964

Kejadian ini jadi sejarah paling kelam dalam dunia olahraga. Total 318 orang meninggal dan 500 orang luka parah. Hal itu disebabkan marahnya suporter Peru terhadap keputusan wasit yang menganulir goal yang masuk ke gawang Argentina.

Rivalitas ke dua negara ini memang sangat panas, sehingga hal tersebut memancing keributan di kubu suporter tuan rumah. Tragedi kelam ini terjadi di National Stadium Kota Lima, Peru pada 24 Mei 1964.

Akhir Kata

Itulah dia 5 tragedi paling mengerikan di pertandingan sepakbola. Sebagai suporter yang baik, jangan sampai bertindak sesuatu yang bisa mencelakakn diri sendiri maupun orang lain saat di stadion ya guys.

Baca juga artikel seputar Sepakbola atau artikel menarik lainnya dari Chaeroni Fitri.

Bisa Terapung! 5 Stadion Sepak Bola Paling Unik di Seluruh Dunia

Previous article

Evolusi Teknologi Sepatu Sepak Bola dari Awal Hingga Abad 21

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.