Film The Prestige 40626
Unik

10 Poster Film Indonesia yang Diduga Plagiat, Semuanya Hasil Jiplakan

Ketika ingin menonton sebuah film, selain trailer, poster sebuah film juga menjadi hal yang sangat penting untuk menjadi daya tarik.

Poster sebuah film menjadi salah satu bagian promosi untuk menarik minat. Makanya, pembuatan poster film menjadi hal yang dianggap serius agar kreatif dan semenarik mungkin demi memikat hati para penonton dan mudah diingat.

Namun, gimana kalau poster film itu mirip dengan poster film lain? Demi memikat hati dan sudah kepentok ide, mungkin cara ini menjadi jalan pintas untuk membuat poster.

Nah, kali ini Dunia Unik akan membahas poster film Indonesia yang diduga plagiat dari poster film lain.

Poster Film Indonesia yang Plagiat

Kesan pertama begitu penting bagi semua film untuk menarik penonton penasaran dengan film tersebut adalah trailer dan posternya.

Saat memandang sebuah poster di bioskop berperan banyak untuk membuat penonton berpikiran, “Menarik, film seperti apa ini?“. Tapi terkadang membuat ide sebuah poster gak akan mudah, jadi caranya adalah meniru poster film lain dan memodifikasinya sedikit.

Kamu mungkin belum tau atau gek “ngeh” dengan poster film Indonesia ini yang diduga plagiat dari poster film luar negeri, geng.

Gak cuma konsepnya saja, bahkan kemiripan poster film Indonesia dengan luar ini hampir 100%.

Dari pada makin penasaran, Dunia Unik sudah merangkum 10 poster film Indonesia yang mirip banget dengan film luar negeri nih, geng.

1. The Prestige (2006) dan Roh (2007)

Film The Prestige 40626

Pertama, ada dua poster film dengan konsep dan pemilihan warna yang sama yaitu bayangan yang berwarna biru. Poster pertama untuk film horor Indonesia berjudul Roh yang rilis pada tahun 2007.

Sementara poster kedua berasal dari film besutan sutradara kawakan Christopher Nolan berjudul The Prestige. Menurut kamu, mana yang tampak lebih menarik?

2. Marrying the Mafia (2006) dan Get Married 2 (2009)

Film Get Married 2 C12f1

Sukses dengan film pertamanya, Get Married bikin sekuelnya. Poster film keduanya ini dinilai mirip sama film asal Korea Selatan, Marrying the Mafia.

Sama-sama menampilkan dua tokoh utama di atas ranjang dengan wajah jutek karakter ceweknya. Di bawahnya, ada tiga orang cowok yang celingukan lihat pasangan di atasnya.

Jadi apakah poster film ini terinspirasi?

3. The Sleeping Dictionary (2003) dan Love Is Cinta (2007)

Film Love Is Cinta 0732a

Film romantis yang rilis tahun 2007 ini dibintangi oleh Acha Septriasa dan Irwansyah saat keduanya masih terlibat cinta lokasi.

Siapa sangka kalau poster filmnya punya beberapa kesamaan dengan The Sleeping Dictionary yang dibintangi Jessica Alba?

The Sleeping Dictionary sendiri adalah drama romantis berlatar Serawak pada tahun 1930-an. Film tersebut mempunyai konsep cerita yang cukup berbeda dengan Love Is Cinta.

4. Hot Chick (2002) dan Namaku Dick (2008)

Film Namaku Dick B19db

Gak perlu banyak kata. Silakan kamu perhatikan dan bandingkan sendiri. Poster pertama adalah film keluaran tahun 2002 yang dibintangi aktor komedi Tora Sudiro berjudul Namaku Dick.

Dari jumlah orang yang ada di poster, ekspresi wajah cowoknya, sampai bantal dengan warna putih yang dipegang sama keempat cewek tersebut, sama.

Sementara poster kedua berasal dari film komedi tahun 2002 berjudul Hot Chick yang dibintangi oleh Rob Schneider, aktor komedi kenamaan Hollywood. Film ini sama-sana rilis tahun 2002, bisa jadi saling menginspirasi, ya.

5. Rec (2007) dan Te(rekam) (2010)

Film Terekam 75561

Lagi-lagi film horor yang punya kesamaan konsep poster. Sama-sama menampilkan lensa kamera dengan judul yang sebenarnya memiliki arti yang sama.

Rec dan Terekam sebenarnya hanya bahasanya saja yang berbeda namun memiliki arti yang sama. Tuh kan mirip banget konsep poster dan judulnya, ya.

Menurut kalian siapa nih niru? Pembuat poster film Indonesia atau malah luar negeri?

6. The Heirloom (2005) dan Tali Pocong Perawan (2008)

Film Tali Pocong Perawan 2ed45

Film ini sama-sama film horor dengan poster yang amat sangat mirip, tapi apakah ketegangan di film ini sama? Kamu coba nonton saja, geng.

Keduanya sama-sama menggambarkan orang gantung diri dan menghadap arah yang sama. Orang yang tergantungnya pun sama-sama perempuan.

Tetapi tanggal rilisnya kok beda? Duluan The Heirloom lho. Jadi apakah ini kebetulan atau memang meniru?

7. Where the truth lies (2005) dan Rayuan Arwah Penasaran (2010)

Film Rayuan Arwah Penasaran 2f5b0

Sekilas, dua poster film beda negara ini memang mirip banget, bahkan, bisa dibilang kayak copy-paste.

Keduanya sama-sama menampilkan dua cewek dengan pakaian seksi yang bersimpuh membelakangi kamera dengan bersandar pada satu tangan.

Di belakangnya, ada bayangan dua orang lain yang jelas-jelas pemeran pembantu. Oh ya, pakaian dua perempuan di atas ini sama-sama didominasi warna merah.

8. Ditto (2000) dan Hanya Untukmu (2008)

Film Ditto 72c68

Gambar di sebelah kanan merupakan salah satu poster promosi untuk film Korea Ditto yang rilis pada tahun 2000.

Sementara poster di sebelah kiri berasal dari film Hanya Untukmu besutan Rizal Mantovani yang kemudian diedarkan dengan judul dan poster baru. Dari Hanya Untukmu menjadi Ada Kamu, Aku Ada.

Menurut kamu, geng, apa yang menyebabkan perubahan judul dan poster tersebut?

9. Freddy vs. Jason (2003) dan Pocong vs. Kuntilanak (2008)

Film Pocong Vs Kuntilanak 14f82

Keduanya merupakan film yang membuat tegang, dengan tema horror. Hanya sekilas melihatnya saja kamu oasti langsung setuju kalau kedua poster film ini sangat mirip.

Hanya saja bedanya, yang kiri merupakan hantu barat sedangkan yang kanan adalah hantu lokal. Tapi apakah kedua film ini sama-sama bagus? Kamu coba tonton saja, geng.

Seharusnya, sesama bangsa hantu dilarang saling berantem dan meniru.

10. The Skeleton Key (2005) dan Kala (2007)

Film Kala 27983

Lho, sama-sama mata. Jangan-jangan yang satu mata kiri, yang lain mata kanan ya?

Dalam posternya, keduanya menampilkan mata seseorang yang ada gambar orang lain, jadi bisa dibilang poster ini sangat mirip.

Yang membedakan hanyalah jumlah orang yang ada di bagian mata tersebut. Gimana menurut kamu, geng?

Akhir Kata

Nah, itu dia daftar poster film Indonesia yang diduga plagiat dari film lain. Kamu setuju, geng?

Lalu poster film aalagi yang menurut kamu sangat mirip? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Ersa Syabilla Hasanah.

Cara Membuat WhatsApp 1 Nomor untuk 2 HP (100% Berhasil)

Previous article

7 Selebriti Ini Mengaku Kecanduan Seks | Nikmat Sampai Kebablasan?

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.